JURUSAN SYARI'AH

Jurnal Hukum dan
Pranata Sosial

AL IHKAM published by the Islamic Law Researcher Association (APHI) collaboration with Department of Sharia STAIN Pamekasan

ISSN (Print) 1907-591X
ISSN (online) 2442-3084

 

  • Workshop Penulisan Skripsi Mahasiswa semester VI Prodi AHS dan HES

  • Diklat Jurnalistik Kerjasama dengan PWI Kabupaten Pamekasan

  • Visitasi Pembukaan Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Magister Ekonomi Syariah (ES)

  • Wisuda 2016

  • STUDIUM GENERAL SEMESTER GENAP 2016/2017 JURUSAN SYARI`AH STAIN PAMEKASAN

Ahwal Al-Syakhshiyah

Kata Ahwal al-Syakhshiyyah yang berasal dari Bahasa Arab ini dipakai sebagai nama salah satu program studi di Jurusan Syari’ah di seluruh Indonesia dengan arti hukum keluarga; artinya hukum yang mengatur tentang aturan hidup berkeluarga bagi orang-orang Islam Indonesia. Kongkritnya, hukum keluarga berisi aturan-aturan yang mengatur tentang Nikah, Talak, Cerai dan Ruju’ (NTCR) plus pembagian warisan. Pengetahun tentang hukum keluarga ini wajib dikuasai secara matang oleh sarjana Progdi AS Jurusan Syari’ah sebagai calon hakim di Pengadilan Agama.

Namun demikian dalam perkembangan terakhir, berdasarkan UU No. 3/2006 tentang Perubahan UU No. 7/1989 tentang Peradilan Agama kewenangan PA diperluas tidak hanya menyelesaikan kasus-kasus NTCRW, melainkan juga sengketa perbankan dan keuangan syari’ah. Artinya sarjana Progdi AS tidak hanya dituntut untuk menguasai hukum keluarga saja, tetapi juga wajib menguasai hukum perdata Islam dalam makna yang lebih luas, khususnya tentang ekonomi syari’ah.

Kebijakaan pemerintah untuk menyatuatapkan lembaga peradilan secara politis memperluas peluang alumni Progdi AS untuk dapat diterima sebagai hakim di semua lingkungan peradilan di Indonesia dan secara akademis juga menuntut alumni Prodi AS untuk menguasai hukum perdata yang berlaku di Indonesia. Pemberlakuan UU No. 18/2003 tentang Advokat menambah peluang sarjana Progdi AS di mana mereka dapat berprofesi juga sebagai pengacara (penasehat hukum) di semua lingkungan peradilan. Selain itu, Peraturan Mahkamah Agung Nomor 01 Tahun 2008 tentang prosedur mediasi, membuka peluang bagi alumni Progdi AS untuk berprofesi sebagai mediator dalam perkara-perkara perdata. Hal ini berarti menuntut sarjan Prodi AS untuk menguasai materi materi kepengacaraan dan mediasi.

Meskipun Prodi AS memiliki fokus terhadap hukum keluarga, namun Prodi AS juga menyiapkan dan membekali mahasiswa dengan kemampuan teoretis maupun praktis dalam semua aspek hukum Islam, falak, kepenghuluan, hukum perdata umum, kepengacaraan, kepaniteraan, kenotariatan, mediasi dan metode penelitian. Adapun pejelasan tentang kemampuan-kemampuan yang harus dikuasai oleh sarjana Prodi AS dijelaskan pada sub bab kompetensi program studi.

Strategi Pencapaian Program Studi

  1. Melaksanakan strategi pembelajaran berbasis mahasiswa (student centered) menuju penguasaan mahasiswa atas dasar-dasar keilmuan dan teori-teori tertentu selama 6 semester.
  2. Melaksanakan strategi pembelajaran dengan yang Penguasaan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan metode menuju kecakapan  mahasiswa dalam pelaksanaan dan pengembangan teori-teori tertentu selama 2 semester
Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
66.7 %
Baik
20.8 %
Cukup
4.2 %
Kurang
8.3 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 31422 Hits
Hari Ini : 38
Kemarin : 53
Bulan Ini : 1292
Tahun Ini : 11728
Total : 26467