JURUSAN SYARI'AH

Pengumuman

 

Jurnal Hukum dan
Pranata Sosial

AL IHKAM published by the Islamic Law Researcher Association (APHI) collaboration with Department of Sharia STAIN Pamekasan

ISSN (Print) 1907-591X
ISSN (online) 2442-3084

 

 

  • DOSEN ILMU FALAK IAIN MADURA PRESENTASI DI SIMPOSIUM DOSEN FALAK NASIONAL

  • Kuliah Umum Jurusan Syariah

  • Dialog Demokrasi Nasional Bersama Komisi II DPR RI

PEMBEKALAN PRAKTIK PERADILAN TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Kamis, 29 Agustus 2019

Hari Kamis, 15 Agustus 2019 bertempat di Gedung Multicenter IAIN Madura, Jl. Raya Panglegur km. 04 Pamekasan telah dilaksanakan Pembekalan Praktik Peradilan untuk mahasiswa Fakultas Syariah (Prodi HKI dan Prodi HES angkatan 2016/2017). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah Dr. Maimun, MHI, Wakil Dekan II Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum, Ketua Prodi HKI Abdul Jalil, MHI., Ketua Prodi HES H. Abd. Wahed, MHI., dan Kepala Laboratorium Hosen, MHI. Sedangkan Wakil Dekan I Dr. Erie Hariyanto, MH., berhalangan hadir karena sedang ada tugas di luar kota.


 


Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Panitera Pengadilan Agama Pamekasan (Drs. Mat Busiril, MH) dan Panitera Pengadilan Agama Sampang (Drs. Faiq). Pokok pikiran yang disampaikan oleh kedua narasumber adalah tentang administrasi umum dan administrasi persidangan yang disampaikan oleh Panitera PA Pamekasan dan administrasi perkara disampaikan oleh Panitera PA Sampang. Kedua narasumber memberikan pengetahuan dan wawasan secara umum tentang seluk beluk pengadilan agama. Hal ini sebagai bekal kepada mahasiswa sebelum mereka melakukan praktik selama kurang lebih tiga minggu di PA.


 


Kegiatan praktikum ini dimulai sejak 19 Agustus 2019 dan akan berakhir pada 22 November 2019. Kali ini Laboratorium Syariah melibatkan empat PA yang ada di Madura, yaitu PA Bangkalan, PA Sampang, PA Pamekasan dan PA Sumenep. Diharapkan dengan praktik di PA, mahasiswa dapat memahami tugas pokok dan fungsi Pengadilan Agama sebagai bekal mereka memasuki dunia kerja. Hal ini juga sebagai usaha Fakultas Syariah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswanya agar dapat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Kampus dengan slogan “Kompeten dan Kompetitif” ini mulai beringsut menyongsong masa depan alumninya untuk bisa berkiprah baik ditingkat regional, nasional bahkan internasional.


 

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 79266 Hits
Hari Ini : 25
Kemarin : 66
Bulan Ini : 1042
Tahun Ini : 13677
Total : 71543