JURUSAN SYARI'AH

Pengumuman

 

Jurnal Hukum dan
Pranata Sosial

AL IHKAM published by the Islamic Law Researcher Association (APHI) collaboration with Department of Sharia STAIN Pamekasan

ISSN (Print) 1907-591X
ISSN (online) 2442-3084

 

 

  • DOSEN ILMU FALAK IAIN MADURA PRESENTASI DI SIMPOSIUM DOSEN FALAK NASIONAL

  • Kuliah Umum Jurusan Syariah

  • Dialog Demokrasi Nasional Bersama Komisi II DPR RI

PEMBEKALAN MAGANG KESYARIAHAN DI KUA

Kamis, 29 Agustus 2019

 


Magang Kesyariahan merupakan salah satu kegiatan mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syariah IAIN Madura. Pada semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 ini, Magang Kesyariahan diikuti oleh 65 orang mahasiswa dengan rincian 35 mahasiswa dan 30 mahasiswi angkatan 2016/2017. Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 19 Agustus 2019 dan akan berakhir pada 1 November 2019.


 


Sebelum diberangkatkan ke KUA sesuai jadwal yang sudah disusun oleh Laboratorium Syariah, para mahasiswa tersebut terlebih dahulu dibekali dengan pengetahuan umum gambaran awal tentang KUA. Acara pembekalan dilaksanakan pada hari Jum’at, 16 Agustus 2019 sehari sebelum upacara memperingati hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia. Acara ini ditempatkan di Aula Muzdalifah Kantor Kementerian Agama Pamekasan dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Pamekasan, M. Fandi, MHI yang juga alumni IAIN Madura. Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Syariah Dr. Maimun, MHI yang sempat memberikan sambutan pengarahan, Wakil Dekan I Dr. Erie Hariyanto, MH., Wakil Dekan II Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum., Ketua Prodi HKI Abdul Jalil, MHI., Kepala Laboratorium Syariah Hosen, MHI beserta stafnya H. Azhar Amrullah Hafizh, Lc., M.Thi, Akhmad Farid Mawardi Sufyan, MHI, dan Hendriyanto, S.Pd.


 


Sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut Laboratorium mengundang Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Ilyasak, S.Ag., yang juga tercatat sebagai mahasiswa Pascasarjana IAIN Madura. Sebagai penyemangat untuk mahasiswa dihadirkan pula alumni IAIN Madura yang sedang menjabat Kepala KUA Pegantenan, Drs. H. Abdullah, M.Si. Kegiatan Magang Kesyariahan ini melibatkan 10 KUA di Wilayah Kabupaten Pamekasan, yaitu KUA Pamekasan, KUA Tlanakan, KUA Proppo, KUA Palengaan, KUA Pegantenan, KUA Pakong, KUA Kadur, KUA Larangan, KUA Galis, dan KUA Pademawu. Dengan Magang di KUA diharapkan mahasiswa mengetahui dan memahami tugas pokok dan fungsi KUA sebagai bekal untuk bersaing secara sehat dengan alumni perguruan tinggi lainnya. Hal ini juga dalam rangka memenuhi visi dan misi IAIN Madura yang kompeten dan kompetitif.

Hasil polling sementara

Terimakasih atas partisipasi Anda untuk mengikuti polling kami bulan ini. Tunggu polling-polling selanjutnya di website kami.

Bagaimana penapat anda tentang web jurusan syariah yang baru?

Sangat Baik
61.4 %
Baik
15.9 %
Cukup
6.8 %
Kurang
15.9 %
Link Terkait
Statistik Pengunjung
Online : 1 User
Total Hits : 79257 Hits
Hari Ini : 16
Kemarin : 66
Bulan Ini : 1033
Tahun Ini : 13668
Total : 71534